Friday 17 October 2014

3 Cara mempercepat OS komputer atau laptop

 Sadarkah anda bahwa komputer/laptop anda makin lemot,sangat beda waktu pertama kali di instal ulang atau pertama kali beli. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara merawat OS (Windows) komputer/laptop,ada beberapa cara yg bisa di lakukan :
  1.  Download dan instal Ccleaner Disini, lalu jalan kan
  • Contreng semua bagian di sebelah kiri (liat gambar)


 
 
  •  Klik Analisa dan tunggu hingga selesai, lalu klik jalankan ccleaner. Untuk lebih meyakinkan lagi lakukan 2x, ini bertujuan untuk membersihkan file sampah dari software yg kita gunakan selama ini.
  • Setelah benar2 bersih, kita klik registry di sebelah kiri atau di bawah pembersih. Lalu klik pindai Masalah, setelah selesai pindai masalah klik perbaiki masalah terkini. ini bertujuan untuk memperbaiki registry yg tidak terpakai dan bikin lemot. Lakukan ini juga lebih dari 1x untuk performa maksimal.
                                    
  • Setelah selesai anda juga bisa menonaktifkan Starup dari setiap software yg tidak perlu, krn ini sangat berpengaruh pada saat anda nyalakan komputer/laptop anda (liat gambar). Caranya cukup klik 2x di nama software yg ingin anda non-aktifkan di dlm tanda kotak ini.
                                     
2.        Defrag Harddisk, untuk melakukan ini anda tidak perlu software tambahan krn ini sudah tersedia di dlm OS (windows). Pilih start  >> Computer  >>  klik kanan di drive C >> Properties >> Tool >> Defragment Now >> klik Drive C lalu klik Defragment Disk.Tunggu hingga selesai, lalu close.







 
3.   Masih di Tools pilih Check Now >>> Contreng keduanya lalu klik Start, close semua program yg berjalan lalu restart komputer/laptop anda. Tunggu lah hingga selesai sampai masuk login windows.


 


Lakukan lah ini minimal 1bulan sekali, agar komputer/laptop anda terasa ringan dan cepat. Cara ini juga dpt membantu menjaga performa harddisk anda, agar tidak cepat rusak. Jikalau cara ini sudah anda lakukan dan komputer/laptop anda masih tidak ada perubahan cobalah scan dengan antivirus komputer/laptop anda, bisa saja lemotnya komputer/laptop anda krn virus.
Thanks.... :)

No comments:

Post a Comment